Please... Used "GOOGLE CHROME" Browser Only
Zhyver Zone

Search

Image by Z3Z.com

Minggu, 14 Agustus 2011

Zhyver Zone : Tips Cara Merawat Notebook




Sejauh yang saya ketahui sampai detik ini sudah banyak orang yang menggunakan notebook / laptop dalam ke hidupan sehari – harinya, baik itu digunakan untuk bekerja atau hanya sebatas life style semata, terlepas dari itu semua ternyata eh ternyata masih banyak yang belum / tidak memahami bagaimana merawat notebook supaya tetep awet, bahkan terlihat masih baru .

ada beberapa point penting dalam menjaga agar notebook yang kita gunakan selalu OK pada saat kita butuhkan, saya pribadi untuk merawat notebook tidak terlalu aneh – aneh dalam prosesnya, saya cukup melakukan hal – hal seperti dibawah saja :

Menghindari penggunaan Notebook yang beralaskan soft case, digunakan diatas kasur & semacamnya, alasannya senderhana dengan tidak melakukan / menghindari hal tersebut dapat menjaga temperatur proccessor khususnya tidak mudah panas dan terlebih dapat menjaga cooling fan Proccessornya tidak rusak / lemah dalam perputarannya. ada kasus yang notebook tiba – tiba mati sendiri padahal notebook tersebut saya belikan baru setahun, setelah di analisa dan dilakukan pengecekan ternyata bersumber dari kebiasan penggunaan notebook yang selalu beralaskan softcase dan digunakan diatas kasur untuk main games / penggunaan waktu lama.

Menjaga Batre supaya awet, ini yang gampang – gampang susah dan kebanyakan bagi orang awam tidak berpikir sampai kearah sana yaitu bagaimana menjaga batre supaya awet, saya pribadi menggunakan notebook untuk penggunaan lebih dari kemampuan batre selalu menggunakan listrik langsung alias tanpa batre tapi dalam praktiknya saya tidak langsung sebut saja menggunakan UPS agar aman dari tegangan turun dengan begitu batre yang saya gunakan semakin awet umurnya. trus bagaimana kalo listrik tidak stabil bukannya lebih baik menggunakan batre betul sekali namun perlu diperhatikan dalam penggunaannya, saat penggunaan alangkah baiknya charge / cas batre sampai penuh dan gunakan notebook dengan daya dari batre sampai ada indikator peringatan daya yang mampu / masih ada di batre, yang saya tahu batre lebih baik dicharge lagi setelah 5% daya yang tersimpan kemudian lepas setelah 100% dan lakukan seperti itu, sampai pekerjaan selesai tentunya dan jangan setelah 100% masih terhubung dengan adaptor.

Selalu membersihkan Area Keyboard dari debu, untuk membersihkannya bisa menggunakan kuas kecil / dapat dibeli ditoko komputer toolkit untuk kebersihan yang dialamnya sudah lengkap termasuk cairan pembersihnya juga, tujuannya sederhana agar keyboard tidak susah digunakan / ditekannya dan terlebih agar didalam notebooknya khususnya didaerah fan processor tidak terjadi penumpukan debu yang berakibat fan akan bekerja extra.

Dalam kurun waktu 1 / 2 tahun selalu membongkar notebook untuk membersihkan notebook dari debu lagi – lagi didaerah fan processor, seperti yang saya lakukan diartikel sebelumnya Bongkar Notebook.
hindari pula hp / sound berdekatan dengan Notebook, dari beberapa referensi yang saya baca dengan menghindari hal tersebut dapat menjaga hardisk dari kerusakan akibat gangguan magnet, betul tidaknya saya juga masih ragu tapi saya melakukannya demi kebaikan saja.

hal – hal diatas yang saya rasa cukup membatu notebook terlihat bersih dan dapat bekerja lebih baik terlepas dari sisi software sudah jelas selalu rutin melakukan updating anti virus dan scanning virus.

0 comment:

Dont Touch Me...!

~~~Please, Left Click...!~~~

Contact Me Via Twitter Password Download : " Z3Z " Huruf Besar(capital letter)