Please... Used "GOOGLE CHROME" Browser Only
Zhyver Zone

Search

Image by Z3Z.com

Senin, 04 Juli 2011

Penghalan Wi Fi dan Solusi

Kali ini informasi tentang dunia Informasi dan Trick


 

Inilah Enam Penghalang Wi-Fi Anda & Solusinya – Hasil studi firma analisa broadband Epitiro menunjukkan, pengguna kehilangan 30% kecepatan data koneksi broadband mereka ketika menggunakan Wi-Fi di rumah. Mengapa?

Perangkat rumah tangga seperti peralatan elektronik, termasuk oven microwave, pengawas bayi, dan telepon nirkabel, mampu menurunkan kinerja Wi-Fi. Manajer bisnis jaringan Belkin, Nandan Kalle memberi enam permasalahan penghalang Wi-Fi beserta solusinya. Simak berikut.


Jaringan Wi-Fi Tetangga

“Sumber gangguan terbesar saat ini adalah jaringan Wi-Fi tetangga,” papar Kalle. Permasalahan terletak pada, peralatan Wi-Fi paling banyak beredar beroperasi di pita 2.4GHz. “Pada dasarnya ada tiga kanal dan tiga kanal ini sangat-sangat ramai,” lanjutnya. Naasnya, jika Anda memakai router 2.4GHz juga, jaringan Wi-Fi tetangga dipastikan mengganggu Anda.

Solusi, Beli router dual-band yang beroperasi secara simultan di 2.4GHz dan 5GHz. Pita 2.4GHz diperlukan untuk mendukung perangkat Wi-Fi, sedangkan 5GHz “untuk jalan raya 11 jalur yang tak banyak orang ketahui. ‘Kemacetan’ akan jauh berkurang,” papar Kalle.

Perangkat Wi-Fi baru, termasuk tablet iPad Apple dan Motorola Xoom, TV internet ber-Wi-Fi, konsol game, dan laptop bisnis, semuanya dual-band. “Semua perangkat ini bermain di pita 5GHz dan bisa memanfaatkan ‘jalan raya’ kosong tersebut,” lanjutnya lagi. Penting sekali mencari router yang secara simultan mendukung 2.4GHz dan 5GHz. Jika belanja router, cari yang dual-band.


Elektronik Rumah Tangga

Apa oven microwave, telepon nirkabel, atau pengawas bayi bisa menganggu Wi-Fi? Kebanyakan masalah telepon nirkabel dan microwave adalah menggunakan pita 2.4GHz dan pengawas bayi hanya beroperasi di 900MHz dan itu tidak mengganggu Wi-Fi. Namun, beberapa pengawas nirkabel beroperasi di 2.4GHz, dan bisa mengganggu router single-band Anda.

Solusi, ketika memilih pengawas bayi nirkabel, pilih model 900MHz atau sistem pengawas bayi yang ramah Wi-Fi. Pilih sistem telepon nirkabel berteknologi DECT 6.0 dan pita 1.9GHz.


Perangkat Bluetooth

Perangkat Bluetooth lama bisa mengganggu jaringan Wi-Fi namun kini sudah tidak. “Beberapa tahun terakhir, produsen Bluetooth dan Wi-Fi menerapkan teknik khusus guna meminimalkan gangguan,” kata Kalle.

Solusi, “Kebanyakan orang mengganti ponsel tiap beberapa tahun sekali. Jadi, kecuali ponsel Anda benar-benar tua, nampaknya Bluetooth Anda tak akan mengganggu Wi-Fi”.


Manusia

Tubuh manusia sebagian besar terbuat dari air dengan persentase 45-75%, tergantung usia dan tingkat kebugaran. Air bisa menghambat kecepatan Wi-Fi. Selain itu, kelembaban bisa mempengaruhi kecepatan Wi-Fi juga.

Solusi, jangan khawatirkan kelembaban atau tas air bernama manusia. Anda tak bisa mengendalikan cuaca dan sangat tak bijaksana menjadi antisosial hanya untuk mendapat kinerja Wi-Fi yang lebih baik.


Pengaturan Keamanan

Pada beberapa router low-еnd, pengaturan keamanan bisa mempengaruhi kinerja. Beberapa tahun terakhir, WPA (Wireless Protected Access) dan protokol WPA2 menggantikan WEP (Wireless Encryption Protocol) tua dan kurang aman. Pada router murah, perbaruan ke WPA bisa sedikit menghambat kinerja.

Namun, pada perangkat yang lebih kuat umumnya memiliki hardware yang dirancang khusus untuk WPA dan enkripsi WPA2. Alhasil, protokol keamanan kuat tak memperlambat kecepatan Wi-Fi router high-еnd.

Solusi, Kalle menekankan pentingnya enkripsi router. Router saat ini memiliki sistem keamanan yang otomatis aktif dan pengguna tak perlu khawatir konfigurasinya. Namun, jangan menonaktifkan enkripsi meski melakukannya bisa mempercepat sedikit kecepatan Wi-Fi.


Firmware Lama

Memperbarui firmware router bisa meningkatkan kinerja dan memberi satu atau dua fitur baru. “Kapanpun Anda bermasalah, periksa apakah firmware Anda tak bermasalah. Terkadang, ada sedikit bug, dan produsen router mungkin telah telah memiliki perbaikannya,” kata Kalle. Saat membeli router baru, selalu periksa firmware terbarunya.

Solusi, terus perbarui firmware router. Meski cara kerja router tampak misterius, tips-tips sederhana tersebut bisa menjaga jaringan nirkabel rumah Anda.

0 comment:

Dont Touch Me...!

~~~Please, Left Click...!~~~

Contact Me Via Twitter Password Download : " Z3Z " Huruf Besar(capital letter)